Laptop Sering Blue Screen? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Lagi enak-enak ngetik, eh, tiba-tiba komputer jinjing mati terus timbul tuh biru-biru sama tulisan bejibun. Lazimnya bila sudah mengalami hal yang satu ini pasti berasa malas buat lanjutin ngetik atau hal sebagainya.

Blue Screen of Death atau singkatannya BSOD, kerap kali kita ucap dengan blue screen. Tak seperti error yang masih dapat dipecahkan tanpa perlu restart, blue screen ini beda lagi. Selain tersebut terjadi sebab adanya software atau hardware yang mengalami kesalahan fatal sehingga membikin sistem seharusnya direstart.

Penyebab Terjadinya Blue Sreen

Blue Screen disebabkan sebab adanya persoalan pada hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows.

Saat Windows bertemu dengan Error Stop maka terjadilah kegagalan kritis yang menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja, itulah penyebabnya Blue Screen. Satu-satunya yang dapat dikerjakan Windows dikala Blue Screen yakni restart.

Kalau kalian sedang menjalankan sesuatu di laptop atau komputer, seperti mengetik tugas atau menjalankan hal lainnya yang perlu disimpan, lalu terkena Blue Screen, otomatis pekerjaanmu akan hilang.

Saat Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membikin Minidump yang menunjukkan informasi penyebab terjadinya Blue Screen di laptop atau komputermu di dalam hardisk kalian. Adanya Minidump inilah yang akan membantumu membenarkan penyebab terjadinya Blue Screen.

Bagaimana Caranya Memecahkan Restart Mendadak Saat Blue Screen?

Don’t worry, kita akan berbagi informasi yang bila dapat menolong kalian saat mengalami Blue Screen. Seperti diatas tadi, satu-satunya sistem Windows mengatasi Blue Screen yakni merestartnya secara otomatis. Kalau kalian tak ingin laptop atau komputer tiba-tiba mati dan direstart otomatis ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka System Security di laptop atau komputermu.
  2. Pilih System dan klik Change Settings di bagian Computer Name, Domain dan Workgroup Settings.
  3. Pilih tab Advanced>Settings pada Startup and Recovery.
  4. Kemudian hilangkan centang pada Automatically Restart.

Cara Mengetahui Penyebab Blue Screen

Ada 2 sistem yang dapat kalian pakai dikala ingin mengenal penyebab Blue Screen. Pertama menginstall software gratis dari NirSoft’s yakni BlueScreenView, yang kedua menerapkan Windows Event Viewer.

Dua sistem ini akan menjalankan pencarian pada file Minidump seperti penjelasan diatas tadi.

Cara mengatasi Blue Screen Pada Windows

Pada Windows 7 atau Windows versi terupdate, informasi Blue Screen ditampilkan di Action Center. Buka Menu Maintenance dan pilih Check For Solutions. Selain itu akan membikin Windows memeriksa penyebab Blue Screen dan error yang lainnya.

Baca Juga: Perbedaan SSD dan HDD

Selain itu ada juga cara yang lain khusus untuk Windows 7:

  1. System Restore: Kalau yang pertama akan membikin komputer kalian kembali ke kondisi sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi sebab kesalahan software.
  2. Scan Malware: Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi bila sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan menjalankan scan antivirus terhadap malware.
  3. Install Update Driver: Kalau driver salah install atau tak diupgrade dapat menyebabkan crash. Install-lah driver terupdate di perusahaan hardware komputer atau laptopmu, mungkin ini dapat membenarkan persoalan Blue Screen.
  4. Boot ke Safe Mode: Pada Safe Mode ini Windows cuma mengambil driver-driver yang penting saja. Kalau kalian salah install driver yang menjadi penyebab Blue Screen dengan Safe Mode ini kalian dapat menguninstallnya.
  5. Periksa Hardware: Kegagalan hardware juga jadi salah satu persoalan Blue Screen loh. Ketikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau dapat jadi komputer jinjing atau komputermu terlalu panas.

  6. Install Ulang Windows: Kalau terakhir yakni menginstall ulang Windows. Dengan sistem ini sistem akan terbangun dari permulaan dan tak akan ada kerusakan, menjadi seperti baru. Kalau bila konsisten mengalami Blue Screen maka ada persoalan dengan hardware kalian. 

Kalau laptop atau komputer kalian mengalami Blue Screen setidaknya sekali dalam jangka waktu yang lama itu tak perlu dipermasalahkan. seharusnya kalian observasi yakni bila kalian kerap kali mengalai Blue Screen dalam jangka waktu yang dekat, atau malahan kerap kali mengalaminya. Lebih aman lagi, coba perbaiki di daerah khusus servis komputer jinjing atau komputer. Semoga menolong ya:)