Ini Tips Untuk Kalian Yang Mau HPnya Tetep Awet

Pernah gak sih kalian itu berdaya upaya “HPku kenapa gak awet ya?”, “HP baru 2 tahun kok udah mulai rusak sih”, atau “HP cepet rusak, pasti nih HP komponennya jelek”, bendung dahulu disana, guys. HP cepat rusak bukan karena komponennya kurang memadai, selain itu alasannya, ada juga yang berasal dari diri kalian sendiri.

Ada sebagian unsur yang membuat HP atau smartphone kalian jadi cepat rusak, seperti baterai yang kerap drop, layarnya sudah pecah, kerap jatuh, pakai charger KW, atau dari diri kalian sendiri yang tidak bisa bertanggung jawab atas barang kalian. Nah di bawah ini ada tips untuk kalian agar HP, smartphone, tablet, dan barang gadget kalian biar panjang usia, let’s check it out!

Cara Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak

1. Gunakan Charger Ori

Ada banyak sekali profit ketika kalian memakai charger ori, selain membuat HP tetap awet, kondisi hardware yang ada di dalam HP juga terjaga keamanannya. Gunakan seluruh perangkat charger (kabel USB dan kepala charger) yang ori, hanya dari HP kalian ketika pertama kali membelinya.

Jangan sekali-kali mencoba charger yang palsu atau KW karena ada banyak kekurangannya. Charger KW biasanya mengisi tenaga lebih lama dari yang ori, kepala charger bisa meledak, dan berpotensi merusak hardware.

Cara agar charger ori tidak cepat rusak bagaimana? Jangan menggulung kabel USBnya karena bisa memunculkan putusnya kabel dari dalam.

2. Pasang Anti Gores dan Gunakan Softcase/Hardcase

ketika membeli HP baru jangan lupa dipasang anti gores, selain melindungi layar dari goresan, ada juga anti gores tempered glass. Tempered glass membuat layar HP kalian leboh terlindungi sampai terjatuh sekalipun, karena anti gores ini terbuat dari kaca yang ketika jatuh tidak lantas mengenai LCD.

Selain memakai anti gores, pakai juga softcase ataupun hardcase. Bedanya softcase dengan hardcase merupakan bahannya, softcase terbuat dari bahan yang lembut dan lentur, padahal hardcase cenderung keras dan kapabel melindungi seluruh badan HP kalian.

3. Jangan Simpan HP di Bawah Bantal

Dikala kalian meletakkan HP di bawah bantal atau di tempat yang tertutup tidak ada ventilasi udara, sama saja membuat diri kalian sendiri dalam bahaya. HP memerlukan ruangan yang bersuhu normal dan seharusnya ada ventilasi udaranya. Dikala HP kalian panas itu bisa juga terjadi karena HP yang tidak mendapatkan udara. Terutamanya lagi ketika diletakkan di bawah bantal, terang saja HP kalian jadi panas.

Baca juga Teknologi Baru HP Samsung Galaxy S10.

4. Jangan Sembarang Menginstall Aplikasi

Ingat satu hal yang penting ini, INSTALL APLIKASI YANG DIPERLUKAN SAJA. Karena jikalau kalian menginstall aplikasi dengan sembarangan, lalu ketika kalian menguninstall aplikasi tersebut masih ada sampah-sampah seperti file dari aplikasi tersebut yang menyebabkan HP jadi lemot.

5. Hindari Game yang Berat

Jaman sekarang ini banyak sekali game online yang beresiko memakan RAM dalam HP. Bila udah makan RAM yang banyak terang saja HP bakalan cepat panas, belum lagi bagi yang menyenangi ngegame sampai berjam-jam. Boleh sih main game online yang berkapasitas besar, tetapi ingat diatur lagi jadwal mainnya ya…

Oke! Itu merupakan sebagian tips untuk kalian yang berkeinginan HP atau smartphonenya bertahan lama. Semoga menolong dan see you next time!